Oreo

Please wait...

 
Berita

Shortcourse Academic Writing dengan Sang Ahli

Shortcourse Academic Writing dengan Sang Ahli

Samsun - Kegiatan Shortcourse (Academic Writing) yang dilaksanakan mulai tanggal 7 - 9 November 2023 ini mulai tampak suasana keakraban dan mudahnya peserta dalam menyesuaikan tempat dan atmosfer pembelajaran. Meskipun kegiatan ini hanya dilakukan tiga hari, namun ilmu yang mereka dapatkan dari pemateri (narasumber) cukup mendalam. Para peserta diajarkan bagaimana menulis artike/jurnal yang merupakan tagihan output dari kegiatah ini.

Kegiatan Shortcourse dibagi menjadi dua kelas sesuai dengan kecakapan dan penguasaan bahasa dari masing-masing peserta. Kelas tersebut yaitu Academic Writing menggunakan bahasa arab dengan narasumber Dr. Abdul Rouf Thaha yang merupakan warga kebangsaan Mesir. Sedangkkan untuk kelas yang lain yaitu menggunakan bahasa inggris dengan narasumber  Assoc Prof. Emrah Ekmekci. Kedua narasumber ini expert dalam bidang yang diampu sehingga diharapkan mampu membantu peserta Program Student Exchange dalam menyelesaikan artikel/jurnal yang telah dibuat.

Kelas Bahasa Inggris
Kegiatan short course ini bertujuan untuk menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan akademik para mahasiswa, khususnya dalam penulisan artikel ilmiah. Dalam short course ini, para peserta dikelompokkan menjadi kelompok kelas berbahasa Arab bersama Dr. Abdul Rouf Thaha dan kelas berbahasa Inggris bersama Assoc Prof. Emrah Ekmekci. Materi yang dipaparkan dalam shortcourse ini meliputi teknik penyusunan abstrak, introduction, method, result, finding, discussion, serta conclusion dalam artikel penelitian.

Kelas Bahasa Arab
Pertemuan hari ketiga (9/11), Assoc Prof. Emrah Ekmekci juga menyampaikan cara menggunakan beberapa AI (Artificial Intellegent) untuk membantu memudahkan pekerjaan. Tentunya, seluruh materi disampaikan secara detail namun tetap menyenangkan, sehingga para mahasiswa dapat menerima dan memahami materi dengan mudah.

Perpustakaan OMU (bagi anak-anak)
Tak hanya berfokus di dalam kelas, para mahasiswa juga diajak untuk mengenal lebih dekat lingkungan kampus Ondokuz Mayis University melalui kampus tour pada hari kedua (8/11/23) dan ketiga (9/11/23). Adapun beberapa fasilitas kampus yang dikunjungi adalah perpustakaan, kantor internasional, pusat hole, serta life center yang merupakan tempat favorit mahasiswa untuk beristirahat.

Pada hari ketiga, kegiatan short course academic writing resmi ditutup dan para mahasiswa akan menyelesaikan artikel penelitiannya hingga pekan selanjutnya untuk diberikan kepada para tutor dan mendapatkan feedback untum revisi tertentu.

Assoc Prof Emrah Ekmekci menyampaikan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa dan pihak UIN Maulana Malik Ibrahim Malang serta berharap dapat bertemu kembali dan menyambut baik kemungkinan kunjungan mahasiswa Turki ke UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Prof Abdul Rauf Thaha juga memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada mahasiswa peserta student exchange, dan sangat terkesan dengan sikap sopan santun serta dedikasi para peserta. Beliau berharap akan dapat terjalin lebih banyak kerja sama antara UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Ondokuz Mayis University.

Meski shortcourse telah berakhir, kegiatan para mahasiswa peserta Student Exchange UIN Malang masih akan berlanjut. Pada hari Senin (13/11) mendatang. Para mahasiswa akan mengikuti kegiatan sit in class yang disesuaikan dengan bidang keilmuwan masing - masing mahasiswa.

Semoga dengan antusiasme dan semangat belajar yang terpancar dari para mahasiswa dapat menjadi harapan bagi peningkatan hubungan akademik dan budaya antara Ondokuz Mayis University dan UIN Malang.