Oreo

Please wait...

 
Berita

Peserta Student Exchange Siap Belajar di Kampus Tujuan

Peserta Student Exchange Siap Belajar di Kampus Tujuan

Dalam upaya percepatan internasionalisasi kampus, UIN Malang menyelenggarakan kegiatan Student Exchange yang ditujukan bagi seluruh mahasiswanya.

Proses seleksi peserta Student Exchange telah dilaksanakan sejak bulan Juni lalu dan menghasilkan 20 orang mahasiswa yang nantinya akan mewakili UIN Malang di kampus tujuan, yaitu di Ondokuz Meyiz Üniversitesi di Samsun, Turki.

Penutupan Pembekalan Program Student Exchange Tahun 2023 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dilakukan pada hari Selasa, 31 Oktober 2023 di ruang sidang senat, gedung rektorat lantai empat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Rektor, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, bersama dengan ketua senat universitas sekaligus direktur PMU, Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, M.A. dan Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Dr. Isroqunnajah, M.Ag.

Sebelum kegiatan ini ditutup secara resmi, tim pendamping memberikan arahan terkait dengan kebutuhan dan barang bawaan yang harus dibawa ke universitas tujuan, yaitu  Ondokuz Meyiz Üniversitesi di Samsun, Turki.

Persiapan keberangkatan dengan melakukan pembekalan oleh tutor yang ahli pada bidangnya telah dilaksanakan sejak bulan Juni lalu hingga bulan Oktober ini, meliputi pembekalan bahasa asing (Arab dan Inggris), pembekalan penulisan karya tulis ilmiah, serta pemahaman lintas budaya (cross culture).

Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA., menyampaikan pesan-pesan dan arahan kepada para peserta, dan berharap seluruh kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar. "Saya yakin, empat bulan pembekalan yang telah dilaksanakan ini sudah menjadi modal yang cukup untuk para mahasiswa mengikuti program Student Exchange. Karena ini adalah Student Exchange, maka harapannya adalah ada mahasiswa dari kampus tujuan yang nantinya akan juga datang ke UIN Malang," ucap beliau.

Di samping itu, beliau juga menekankan kepada para mahasiswa untuk selalu menulis laporan harian dan mengikuti kegiatan dengan baik, khususnya pada kegiatan-kegiatan scientific meeting.

Sehubungan dengan hal ini, Ketua Senat UIN Malang, Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, M.Ag., menyampaikan kepada para peserta untuk mengikuti program ini dengan serius dan selalu menjaga almamater dan nama baik kampus Ulul Albab tercinta." Dimanapun berada, kita harus menjaga etika, salah satunya adalah etika berkomunikasi dan etika dalam kegiatan apapun," pesannya.

Kegiatan Penutupan Pembekalan dan Pelepasan Peserta Student Exchange UIN Malang 2023 ini diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Dr. Isroqunnajah, M.Ag., yang kemudian juga menyampaikan arahan kepada para peserta Student Exchange untuk selalu membawa data diri seperti paspor ketika bepergian di negara tujuan. "Sebagai bukti bahwa kita bukan pendatang illegal," ujar beliau.

Sebelum sesi foto bersama, para peserta Student Exchange menampilkan persembahan berupa Tari Kreasi Medley Nusantara, yang nantinya akan ditunjukkan dalam Indonesian Culture Exhibition di kampus tujuan. Semoga kegiatan Student Exchange berjalan dengan lancar dan memberikan banyak manfaat bagi para mahasiswa dan bagi Kampus UIN Malang tercinta.