Oreo

Please wait...

 
Berita

Gus Men Secara Langsung Meresmikan Gedung Dormitory dan ITC

Gus Men Secara Langsung Meresmikan Gedung Dormitory dan ITC

MALANG - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan peresmian atas pembangunan Gedung Dormitory atau Ma'had Al Jamiah Putra dan Putri yang berada Kampus 3. Agenda penting ini jadi lebih monumental karena secara langsung diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas. Berlokasi di halaman depan gedung Islamic Tutorial Center, Kampus 3 UIN Maliki pada Jum'at, 26 Januari 2024. 

Pada kesempatan kali ini, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA. menegaskan terkait arahan dari Gus Men."Kita di PTKIN didorong untuk terus mengembangkan kemajuan kampus menuju pendidikan tinggi sampai berlevel internasional atau go international", ucapnya. Sehingga pembangunan bidang infrastruktur merupakan salah satu usahanya. Oleh karena itu, harapan besar diungkapkan oleh Prof. Zain semoga pembangunan di kampus 3 berjalan lancar sesuai target, dan juga sesuai dengan UU atau aturan yang berlaku dan yang paling penting yakni aman.

Beliau juga menyampaikan sekilas berbagai hal terkait program dan progres pembangunan kampus 3, diantaranya yakni area Gedung Dormitory yang diresmikan ini memiliki luas 42.000 /4,2 Ha sedangkan Area Arrahim seluas 215.000 / 21,5 Ha. Total luasan yang akan dibangun 54.000 meter. Spesifikasi ma'had yang dibangun berkualitas premium dengan kapasitasnya sekitar 244 kamar. Rincian detail Gedung yang dibangun, yakni: zona 1 Area Ma'had putra dan Ma'had Putri, Islamic Tutorial Centre. Untuk zona 2 atau Ar-rahim meliputi Research & Data Center (Pusat Informasi, Penelitian & Pangkalan Data IT), Lab Integratif & Museum Pendidikan Islam, Gedung Perkantoran dan Perkuliahan (Kedokteran, Farmasi, Tehnik).

Sementara itu, Menteri Agama RI, Gus Yaqut atau yang lebih akrab disapa dengan Gus Men memberikan apresiasi tinggi kepada Mahad UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang merupakan satu-satunya Ma'had Al Jamiah di Indonesia yang mampu menampung semua mahasiswa barunya secara keseluruhan. Apresiasi selanjutnya yakni terselesaikanya proyek pembangunan gedung yang lebih cepat dari tempo waktu yang ditargetkan. "Jadi sesuai hitungan progresnya ternyata penyelesaian pembangunannya menyisakan waktu 190 hari dan itu berati selesai lebih cepat! ", terangnya. Maka beliau pun berharap hal itu bisa menjadi teladan bagi PTKIN lainnya.

Peresmian simbolis gedung Gedung Dormitory dilakukan dengan pemukulan gendang tradisional oleh Rektor UIN Maliki dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof. Muhammad Ali Ramdhani. Dilanjutkan penandatanganan prasasti serta pemotongan pita oleh Gus Men.