Oreo

Please wait...

 
Berita

Peningkatan Kompetensi Tim Project Management Unit (PMU) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Peningkatan Kompetensi Tim Project Management Unit (PMU) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Sumber daya manusia merupakan komponen utama suatu organisasi yang menjadi perencana dan pelaku aktif dalam setiap aktivitas organisasi. Mereka mempunyai pikiran, perasaan, keinginan, status dan latar belakang pendidikan, usia, jenis kelamin yang heterogen dibawa kedalam suatu organisasi sehingga tidak seperti mesin, uang dan material, yang sifatnya pasif dan dapat dikuasai dan diatur sepenuhnya dalam mendukung tercapainya tujuan organisasi. Sumber daya manusia merupakan aset organisasi yang sangat vital. Peran dan fungsinya tidak dapat digantikan oleh sumber daya lainnya.

Dalam suatu organisasi, sumber daya manusia bukan hanya sebagai alat dalam produksi, tetapi juga berperan aktif dalam kegiatan produksi. Saat ini, kedudukan sumber daya manusia bukan hanya sebagai alat produksi, tetapi juga penggerak dan penentu berlangsungnya proses produksi, serta segala aktivitas organisasi. Sumber daya manusia memiliki andil besar dalam menentukan maju atau mundurnya suatu organisasi. Oleh karena itu, kemajuan suatu organisasi ditentukan pula oleh kualitas dan kapabilitas sumber daya manusia di dalamnya. Upaya-upaya dalam peningkatan kinerja karyawan merupakan tantangan bagi sebuah organisasi.

Adapun kegiatan crash program tim PMU UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini dilakukan untuk membahas terkait dengan peningkatan kompetensi baik dalam kemampuan komunikasi baik secara verbal, non-verbal dan kemampuan mendengarkan. Pada lingkup internal, keberhasilan pelayanan publik membutuhkan komitmen pimpinan, simplifikasi dan inovasi layanan, knowing your employee, serta monitoring dan evaluasi. Sementara pada lingkup eksternal, instansi pemerintah sebagai pelayan masyarakat harus mengetahui harapan stakeholder atau pengguna layanan, kompetensi dan kemampuan pegawai, analisis gap dan menjalin komunikasi yang baik dengan stakeholder, pengembangan diri, komunikasi, dan interpersonal skill menjabarkan enam pilar dalam crash program peningkatan kompetensi, yang mencakup tindakan, perhatian, sikap, komunikasi, penampilan, dan tanggung jawab.

Kegiatan Crash Program Peningkatan Kompetensi Tim Project Management Unit (PMU) dalam Rangka Implementasi Proyek P/HLN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini guna meningkatkan kualitas dan kompetensi tim Project Management Unit (PMU) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Dilaksanakan di Banyuwangi, Jawa Timur selama 3 hari pada tanggal 1-3 September 2023 dengan peserta dari seluruh tim Project Management Unit (PMU). Output dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu dan layanan dari PMU UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, meningkatkan skill dan kompetensi tim PMU, dan meningkatkan loyalitas tim kepada lembaga.